Posi dan Nega - Independen News I Independent Information
Headlines News :
Home » , , , » Posi dan Nega

Posi dan Nega

Written By Nanta on 2011-08-19 | 4:46 PM


Syukurlah, manajemen akhirnya menaikkan gaji kita," tutur Posi dengan wajah cerah. Senyumnya mengembang tanpa henti seraya menimang-nimang amplop berisi gaji yang baru diterimanya.

"Tapi kenaikan 17% ini tak ada artinya jika dibanding dengan kenaikan kebutuhan hidup kita sehari-hari," tanggap Nega yang berjalan beriringan dengan Posi. "Premium saja naik lebih dari 42 persen. Seharusnya manajemen menyesuaikan gaji kita kali ini sedikitnya 50 persen ... itu baru cocok, " lanjut Nega tak puas. la lalu mengingatkan Posi bahwa penyesuaian gaji itu tak ada artinya karena tahun lalu tak ada penyesuaian sejenis. "Jika dihitung dengan inflasi tahun terakhir ini saja, kita masih tekor terus," Nega mengeluh. Wajahnya ditekuk bagai sedang bermuram durja. Dari kejauhan keduanya mirip beauty and the beast.

"Mas Nega tak seharusnya mengeluh terus. Rejeki itu harus disyukuri. Semua itu berkah Gusti Allah. Artinya jerih payah kita sebagai wong cilik (orang kecil) masih dihargai. Kita tak harus demonstrasi atau mogok seperti rekanrekan di perusahaan lain," papar Posi mencoba meredakan emosi rekan sekampungnya itu.

"Ah, kamu itu memang bodoh. Kita Cuma dielus-elus manajemen agar tak ikut aksi mogok. Seharusnya kita melakukan itu sejak tahun lalu. Coba hitung jam kerjamu tiap hari, hampir selalu lebih dari 10 jam bukan? Belum lagi waktu yang kita habiskan di bis kota yang penuh keringat saat ngantor dan pulang ke rumah. Kita ini dijadikan sapi perahan terus, Dik Pos. Kerja keras bagian kita, tapi hasilnya diembat bos-bos di atas sana. Itu tidak adil, Dik. Kalau di perusahaan lain, orang seperti kita mungkin bisa dapat gaji lebih baik", jawab Nega ngotot.

"Waduh, Mas Nega ini curigaan terus. Wong gaji di level supervisor ke atas itu hanya naik 15 persen Iho Mas," sanggah Posi lugu.

"lya, iya. Tapi mereka itu kan banyak seserannya. Tugas luarlah, entertainment-lah, komisilah. Itukan seabrek-abrek. Lha kita?"

Perbincangan Posi dan Nega di atas fiktif adanya. Namun tidakkah selalu kita temui orang orang yang mewakili figur semacam itu dalam keseharian kita? Atau tidakkah kita sering kali juga memilih sikap sikap semacam itu saat pengumuman kenaikan gaji disampaikan pimpinan perusahaan?

Sesungguhnya, Posi mewakili kemampuan kita untuk melihat sisi positif dari setiap peristiwa yang datang menjemput. Ada yang menyebutnya sebagai sikap positif, cara berpikir positif, realistis, dan seterusnya. Sementara Nega mewakili kapasitas kita untuk memfokuskan diri pada sisi negatif kehidupan, cenderung menuntut, tak pernah merasa puas, enggan bersyukur, dan selalu ingin lebih dan lebih tanpa mengetahui batasnya. Jelasnya, Posi dan Nega adalah dua sisi yang nangkring dalam diri kita sendiri dan tak kunjung akur sampai mati.

Sikap hidup kita pada dasarnya dipengaruhi oleh pilihan pengembangan dua sisi yang selalu bersitegang dalam diri kita sendiri. Bila kita lebih sering (karena untuk selalu mungkin mustahil) memfokuskan diri pada aspek-aspek yang menguntungkan dan menggembirakan atau memberi pelajaran dalam setiap peristiwa yang tak kita sukai sekalipun, maka sikap positif menjadi dominan. Sikap semacam ini memudahkan kita untuk menikmati pekerjaan dan kehidupan, memanjatkan puji syukur pada Tuhan, menggairahkan harapan-harapan dan meningkatkan motivasi berkarya.

Sebaliknya juga benar. Andai fokus perhatian kita lebih sering menjurus (karena dibiasakan, sehingga seolah-olah tak mungkin lagi diubah) pada aspek-aspek yang merugikan, menyulitkan, menjengkelkan, menyakitkan hati dan mencemaskan, maka sikap negatiflah yang dominan. Sikap ini melemahkan semangat, menggelitik hasrat untuk berkeluh kesah tanpa akhir, mengutuki diri (atau orang lain, bahkan bisa juga Tuhan), bermuram durja, minder atau arogan, selalu cemas dan resah gelisah, dan seterusnya.

Sudah barang tentu menjalani kehidupan dengan sikap yang positif jauh lebih menyenangkan. Masalahnya adalah mengapa kita tak selalu berhasil bersikap demikian?
Menurut Anthony Robbins, antara lain'karena sikap (attitude or belief) kita dipengaruhi sedikitnya oleh lima hal berikut: kejadian-kejadian traumatis, hasil-hasil yang diperoleh sebelumnya, pengetahuan, lingkungan, dan visi kehidupan.
Sementara Stephen Covey, penulis Principle- Centered Leadership, menekankan pengaruh prinsip- prinsip kehidupan yang kita anut.

Untuk mengembangkan sikap positif secara konstruktif (tidak asal positif dan naif), baiklah disadari bahwa kita selalu memiliki kekuatan untuk menentukan'fokus pilihan dalam bersikap (freedom to choose). Suatu kekuatan yang unik, sebab hanya manusialah yang memilikinya. Berdasarkan kesadaran tersebut kita dapat "membentuk" lima faktor yang mempengaruhi sikap seperti disebutkan Robbins. Menilai ulang peristiwa-peristiwa traumatis dengan paradigma baru, menginventarisasi hasil-hasil cemerlang yang pernah kita raih, menambah pengetahuan dengan belajar (membaca adalah salah satu cara yang efektif), bergaul dalam lingkungan orang-orang yang memiliki concern serupa dan menguatkan visi kehidupan yang berpengharapan pada Tuhan.

Ada harga yang harus dibayar untuk itu. Kita perlu melatih diri secara berkesinambungan dan tekun. Latihan mendisiplin diri agar terbiasa bersikap positif itu layak kita perjuangkan. Sebab, meminjam kalimat Dr. Samuel Johnson, "Kebiasaan untuk melihat sisi terbaik pada setiap peristiwa bernilai lebih dari puluhan juta setiap tahunnya."(Kutipan dari Buku : SUKSES TANPA GELAR)


Sumber


Powered by:
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Independen News I Independent Information - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger