PT PELINDO BANJARMASIN TERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI SECARA TERPADU - Independen News I Independent Information
Headlines News :
Home » » PT PELINDO BANJARMASIN TERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI SECARA TERPADU

PT PELINDO BANJARMASIN TERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI SECARA TERPADU

Written By Nanta on 2012-02-04 | 2:01 PM


BANJARMASIN - Berkembangnya teknologi informasi yang semakin global, membuat dunia serasa tanpa jarak. Saat ini sudah banyak media yang menawarkan berbagai sarana untuk saling sapa, saling mengirim kabar, bahkan untuk kegiatan rapat dan pertemuan sekalipun.

PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin mulai menerapkan teknologi informasi guna kemudahan dalam pelayanan ke pengguna jasa, seperti kegiatan teleconference yang rutin dilakukan dengan Kantor Pusat PT Pelindo III (Persero), salah satunya pada saat kegiatan Rapat Kerja Perusahaan tahun 2012, semua pegawai dapat ikut menyimak langsung acara Rapat Kerja Perusahaan, ini merupakan salah satu contoh manfaat penggunaan teknologi informasi di PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin.

Tidak hanya media teleconference, PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin juga mulai menerapkan Teknologi Informasi lain. Seperti EPB atau estimasi perkiraan biaya adalah salah satu teknologi informasi yang diterapkan guna mendukung pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa, dengan teknologi informasi EPB ini, pengguna jasa dapat melihat estimasi biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan jasa PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin.

Guna memantau keamanan dan kegiatan yang ada di lingkungan pelabuhan Banjarmasin, terdapat 18 titik CCTV yang beroperasi di TPKB, CDC/CCC, dan titik strategis lainnya, terlebih lagi PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin berencana menerapkan ISPS Code yang merupakan standart keamanan dalam menyelenggarakan usaha kepelabuhanan, maka penerapan ISPS Code ini membutuhkan media pendukung berupa CCTV yang di letakkan di area pelabuhan Banjarmasin.

ILUSTRASI

ARCHIS juga termasuk teknologi informasi yang sudah diterapkan di PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin, teknologi informasi ARCHIS ini digunakan untuk menyimpan database arsip PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin, apabila terdapat arsip perjanjian yang akan berakhir jangka waktunya, maka ARCHIS akan memberikan informasi berupa notification yang langsung masuk ke email penanggung jawab arsip perjanjian, dengan bantuan teknologi informasi berupa ARCHIS ini, pekerjaan pengarsipan perjanjian akan lebih mudah dan dapat mengetahui apabila jangka waktu perjanjian akan berakhir.

Penggunaan website juga dilakukan secara maksimal, website digunakan sebagai media informasi perusahaan, seperti jasa yang ditawarkan oleh PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin. Dengan media website perusahaan, pengguna jasa juga dipermudah dalam melihat jadwal tambat kapal, hasil rapat PPSA dan informasi kepanduan. Dengan media website juga, PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin juga mencoba menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dengan cara menginformasikan secara nyata informasi kepelabuhanan.

Dengan adanya penerapan teknologi informasi terpadu ini, diharapkan semua kegiatan PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin menjadi ringan, karyawan PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin secara tidak langsung dapat terbantu dengan adanya penerapan teknologi informasi terpadu ini. Penerapan teknologi informasi terpadu ini sangat efektif dan terasa manfaatnya, pegawai PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin akan terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya, selanjutnya diharapkan teknologi informasi terpadu ini dapat dimanfaatkan lebih luas guna kemajuan PT Pelindo III (Persero), khususnya di Pelabuhan Banjarmasin agak kelak menjadi pelabuhan sungai yang dapat menjawab tantangan usaha kepelabuhanan berkelas dunia dan menjadi pelabuhan modern di wilayah Kalimantan selatan.
Sumber


Powered By:
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Independen News I Independent Information - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger